Rabu, 24 Agustus 2011

afrika selatan

Sejarawan Afrika Selatan ada yang berpendapat bahwa orang Islam pertama di Afrika Selatan ini adalah kaum Mardyker yang datang dari Kepulauan Maluku tahun 1658. Mereka didatangkan oleh VOC sebagai pasukan pengaman dari serbuan penduduk asli setempat Juga dimanfaatkan pula sebagai buruh kerja paksa (penelitian Dr. A. Davids). Kemudian pada tahun 1667 tiba pula sekelompok buangan politik dari Sumatera, yang merupakan penganut faham tarekat Syekh Qadiriyyah Dua di antara mereka kemudian malah mengembangkan komunitas sosial tersendiri di daerah Constantia, distrik di pinggiran kota Cape Town sekarang yang saat itu masih berupa hutan. Karenanya tak heran jika di Groot Constantia dan Klein Constantia sekarang didapati makam-makam Islam yang disebut Karamat. Dan banyak masyarakat yang juga menziarahinya sebagaimana mereka menziarahi makam-makam keramat lainnya semisal Keramat Luar Batang di Jakarta Utara atau Karamat Tuang Guru Macassar Faure tempat disemayamkannya jasad Syekh Yusuf pada zaman dahulu.

-ad-

Menyebut sejarah agama Islam di Afrika Selatan, tidak bisa tidak pasti akan menyangkut nama Syekh Yusuf. Kiprahnya di dalam menyebarkan agama Islam dimulai denagn pertemuan-pertemuan secara sembunyi-sembunyi dengan para budak di Perkebunan Zandvliet, di daerah Stellenbosch dekat mulut Erste Rivier tempat seorang Pendeta Gereja Kristen Reformasi Belanda berusaha. Di sana Syekh Yusuf ditempatkan, dengan maksud untuk menjauhkannya dari para budak pada umumnya. Penguasa mereka para konglomerat pada masanya tidak menginginkan para budaknya beribadah dengan baik. Meski pun demikian, mereka berhasil tumbuh subur selama empat tahun Syekh Yusuf menetap di sana hingga wafat. Kehidupan Islam tidak turut punah bersamanya. Karena itu Syekh Yusuf dianggap oleh orang Afrika Selatan sebagai "Bapak agama Islam di Afrika Selatan". Makamnya dihormati dan senantiasa dijaga kebersihannya, sehingga tak nampak selapis debupun menempel pada nisannya yang dikurungi pagar besi sekali pun daerah Macassar Faure sangat gersang berpasir-pasir.
-ad-
"Implikasi Syekh Yusuf Pada komunitas Muslim Afrika Selatan"
Tak ada bedanya dengan komunitas muslim di Indonesia, di Afrika Selatan ritual keagamaan telah mengalami perubahan dari ritual keagamaan di tanah asalnya. Pada waktu seorang bayi baru lahir diupacarai dengan "tjoekoer ramboet" yang mengadopsi upacara cukuran di Indonesia. Kemudian ketika seseorang wafat, juga dibuatkan tahlilan dengan menggelar pengajian mulai malam pertama hingga ke tujuh hari wafatnya, dilanjutkan dengan upacara empatpuluh harian, seratus harian, hingga seribu hari. Sebagaimana di Indonesia juga, para warga yang datang untuk membacakan doa tahlil akan disuguhi berbagai hidangan yang pengerjaannya dilaksanakan secara gotong-royong antar warga yang terdiri dari kaum wanita.
Cara mereka membaca wirid pun konon, diwarisi dari Syekh Yusuf yang memang berasal dari Sulawesi Selatan tempat bertumbuh suburnya tarekat naqsabandiyyah. Badan bergoyang-goyang berguncang kanan-kiri mirip orang mabuk (trance) yang kadang-kadang mengesankan gerak tarian. Bedanya dengan komunitas muslim di Indonesia hanya satu. Mereka biasa melagukan doa seperti orang-orang Kristen menyanyikan lagu-lagu rohani mereka. Ada suara ke-satu, suara ke-dua, dan seterusnya. Yang ini juga warisan Syekh Yusuf untuk mengelabui majikan mereka si Belanda totok.
-ad-
Konon, untuk memperoleh izin beribadah para budak diajari untuk berlagu dalam doa. Dengan berlagu, si tuan mengira mereka sedang mengerjakan ritual agama Kristen, agama para majikan mereka dalam bahasa Melayu atau bahasa daerah Indonesia. Akibatnya, kegiatan belajar agama menjadi cukup aman, dan hingga sekarang wirid serta doa mereka enak didengar di telinga. Kuping saya serasa mendengar siaran agama Advent di TVRI zaman dulu kala. Nada-nada indah itu mengalun merdu naik turun dalam harmoni berbagai oktav.
Tak lengkap rasanya jika kita mengungkap sejarah Islam di Afrika Selatan tanpa mengetahui siapa orang pertama yang menuliskan Kitab Suci Al Qur'an di benua hitam ini. Kebanggaanpun patut ada pada diri ini, sebab menurut sejarawan Afrika Selatan, setelah era Syekh Yusuf ada  Raja Tambora (Abdul al-Basi Sultania) yang disebut berasal dari bagian Kesultanan Gowa. Sebagaimana Syekh Yusuf, beliau juga seorang cendekiawan Islam. Kesultanan Gowa disebutkan takluk kepada pemerintah Belanda pada tahun 1683 dan Raja Tambora dibuang ke Semenanjung Harapan pada tahun 1697 setelah dituduh berkonspirasi dengan Raja Dompo untuk membunuh Sri Ratu. Semula beliau ditempatkan di sebuah kandang kuda di istana, tempat yang sangat terhormat di Semenanjung Harapan pada waktu itu untuk memelihara kuda-kuda di sana.Tapi berkat campur tangan Syekh Yusuf yang sangat berpengaruh pada masanya, beliau kemudian dipindahkan ke sebuah tanah pertanian yang sangat nyaman di Vergelegen, Stellenbosch tak jauh dari tempat Syekh Yusuf "diamankan". Disana beliau kemudian mencoba menuliskan ayat-ayat suci Al Qur'an yang ada di ingatannya. Sehingga dapatlah dikatakan Raja Tambora sebagai penulis Qur'an yang pertama di Afrika Selatan. Namun, selain beliau pada tahun 1800 ada pula tawanan Belanda yang entah mengapa dibuang dari Tidore ke Afrika Selatan, Tuan Guru Imam Abdullah bin Qadi Abdussalam juga menulis isi Qur'an berdasarkan ingatannya. Beliau pula orang pertama yang mendirikan madrassah di jantung kota Cape Town dan masjid yang sampai sekarang masih eksis serta menjadi tempat bersembahyang Jumat bagi suami kami warga masyarakat Indonesia yang bekerja di KJRI. Masjid Auwwal di Bo-Kaap itulah tonggak sejarah resminya agama Islam dijalankan di Afrika Selatan. Subhanallah!! Maha Suci Allah dengan segala kuasa dan kehendakNya. Yang telah menumbuhkan agama Islam di tanah gersang ini lewat kearifan seorang pejuang Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar